Apa itu Elektroplating Perhiasan

Apa itu Elektroplating Perhiasan

Apa itu Elektroplating Perhiasan

Hampir setiap wanita menyukai perhiasan. Umumnya, perhiasan emas menjadi favorit karena tampilannya yang cantik dan berkilau serta ketahananannya. Sayangnya, logam emas mempunyai harga yang  relatif  mahal. Jika Anda memiliki uang lebih Anda bisa menjadikan perhiasan emas sebagai pilihan. Tapi, jika budget Anda terbatas, Anda tak perlu bersedih karena kami mempunyai pilihan lain untuk Anda.

Sifat dan tampilan perhiasan yang terbuat dari logam mulia -seperti emas- ini ternyata bisa Anda dapatkan lewat perhiasan electroplating, tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau. Electroplating merupakan proses pelapisan logam dengan menggunakan bantuan arus listrik dan senyawa kimia tertentu untuk memindahkan partikel logam pelapis ke material logam yang mau dilapisi.

Tak hanya emas dan perak saja yang bisa digunakan untuk melapisi sebuah logam, lho. Rhodium juga sering digunakan untuk memberikan warna putih yang indah untuk perhiasan emas putih Anda. Selain emas putih, rhodium digunakan juga pada perhiasan emas kuning untuk memberikan warna putih pada daerah tertentu. Perhiasan yang Anda kenakan pun akan semakin cantik karena metode pelapisan beberapa logam tadi.

Apa Fungsi Electroplating?

Ada beberapa logam yang cepat rusak karena korosi. Karena itulah, dibutuhkan pelapisan melalui proses electroplating ini untuk membuat perhiasan menjadi lebih tahan lama. Selain itu, ada beberapa alasan yang membuat perhiasan dilapisi kembali dengan logam lain, antara lain:

  1. Melapisi perhiasan emas dengan emas murni 24K untuk memperkaya dan mempercantik warnanya.
  2. Membuat warna perhiasan menjadi lebih rata dan menyembunyikan garis bekas solder.
  3. Memberikan warna yang diinginkan agar berbeda dengan logam lain. Proses electroplating memungkinkan untuk menghasilkan berbagai  warna dengan cara menggabungkan emas dengan logam lain.
  4. Menyembunyikan cacat di permukaan perhiasan.
  5. Melapisi perhiasan berbahan dasar perak dengan emas untuk mendapatkan tampilan layaknya perhiasan emas.

 

Perhiasan Electroplating

Sama halnya seperti perhiasan emas, perhiasan electroplating juga hadir dengan model yang sangat beragam. Salah satu brand yang menyediakan perhiasan lapis logam mulia adalah RISIS. Toko perhiasan asal Singapura yang telah berdiri sejak tahun 1976 ini menghadirkan koleksi perhiasan berbahan dasar perak dan kuningan yang dilapisi dengan logam mulia seperti emas 24K dan rhodium. Perhiasan RISIS sangatlah aman karena tidak mengandung nikel sehingga tidak akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

RISIS memilki koleksi perhiasan yang cukup lengkap untuk menunjang penampilan Anda. Anda bisa memilih perhiasan mulai dari anting, kalung, lionting, cincin, gelang hingga bros. Kebanyakan koleksi perhiasan RISIS berbentuk bunga anggrek yang merupakan bunga nasional Singapura. Bunga anggrek ini memiliki makna bunga cinta, kemewahan, keindahan, serta kekuatan.


Baca Artikel Lainnya: