Aplikasi “Umrah Cerdas” Bantu Masyarakat Hindari Travel Nakal

Aplikasi “Umrah Cerdas” Bantu Masyarakat Hindari Travel Nakal

Aplikasi “Umrah Cerdas” Bantu Masyarakat Hindari Travel Nakal

Direktorat Jendral (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah

(PHU) Kementerian Agama, melakukan penataan terhadap perangkat monitoring Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Tanah Air. Guna memperkuat dalam hal pengawasan, Ditjen PHU melakukan penyempurnaan dalam sistem monitoring dan pelaporan PPIU.

Penyempurnaan tersebut diwujudkan dalam sebuah bentuk aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Umrah (SIMPU) Online. SIMPU dirilis berbarengan dengan peluncuran media edukasi serta pelayanan publik berbentuk aplikasi bernama Urah Cerdas.

Dirjen PHU Kemenag, Abdul Djamil, menuturkan, aplikasi SIMPU Online

diciptakan untuk stakeholder penyelenggara perjalanan ibadah umrah, meliputi Ditjen PHU, Kanwil Kemenag Provinsi, serta Provider Visa dan PPIU.

Melalui aplikasi SIMPU Online tersebut, penyedia jasa travel umrah harus memperbaharui laporan jamaah, sehingga data jumlah jamaah yang telah melaksanakan umrah lebih valid. Selain itu, data tersebut juga sinkron dengan data yang ada di pemerintah Saudi Arabia.

Abdul Djamil menegaskan, kebutuhan aplikasi SIMPU Online

sangat mendesak apalagi bila dihubungkan dengan pelayanan yang smart. Sejauh ini, sistem pelaporan dilaksanakan secara manual, sehingga lambat dan terhambat. SIMPU Online merupakan sebuah terobosan baru dari Ditjen PHU untuk meningkatkan pelayanan yang smart.

 

sumber :

https://imii.co.id/