Cara Budidaya Ikan Nila

Cara Budidaya Ikan Nila

Cara Budidaya Ikan Nila

Lokasi Budidaya Ikan Nila

Sebenarnya ikan nila bisa dibudidayakan dimana saja seperti ketika  anda melihat Cara Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula yang menggunakan media kolam tanah, kolam semen, hingga akuarium sekalipun. Akan tetapi  ada cara yang lebih efektif dan mudah yaitu dengan membudidayakan ikan nila di kolam terpal. Dan langkah pertama yang harus anda perhatikan yaitu  adalah pemilihan lokasi yang tepat dan juga aman.

Hal ini karena lokasi menentukan kemudahan serta hasil panen yang baik nantinya. Berikut ini  adalah  hal yang harus anda perhatikan dalam pemilihan lokasi yang tepat :

  • Pilihlah lokasi yang dekat dari pengawasan anda, ini akan mempermudah anda untuk mengawasi dan juga mengamati kondisi ikan nila anda nantinya.
  • Perhatikan juga sekitar lokasi serta jangan sampai lokasi tersebut banyak ditumbuhi oleh rumput liar ataupun pohon besar, ini akan mempersulit anda dalam pembuatan media budidaya.
  • Usahakan agar lokasi mempunyai  penyinaran yang cukup dan agak jauh dari pemukiman ataupun rumah tetangga, hal ini karena beberapa kondisi dapat mengganggu mereka.
  • Pastikan lokasi bebas dan bersih dari limbah apapun, serta pastikan juga jauh dari peternakan ataupun jangkauan hewan liar.

Media Budidaya Ikan Nila

Setelah lokasi benar – benar sudah siap, langkah  berikutnya  yaitu membuat media budidaya. Sebelumnya pastikan anda menyiapkan bahan- bahannya terlebih dahulu serta membersihkan tanah sekitar lahan budidaya dari rumput, kotoran dan batu- bat kecil.

Dan berikut adalah  langkah selanjutnya :

  • Pertama galilah tanah hingga sedalam 70 cm menggunakan sekop ataupun cangkul, setelah itu ratakan dasar tanah galian. (GBWhatsApp)
  • Anda dapat  meletakkan batu bata di dasar tanah galian, tatalah secara rata dengan ketinggian yang sama agar dasar kolam anda datar sehingga mempermudah dalam pengisisan dan pengecekan tinggi air nantinya.
  • Jangan lupa untuk membuat tanggul pada kolam terpal anda supaya  kuat dan tidak tidak mudah rusak dan taburkan sekam secara merata pada dasar kolam.
  • Kemudian anda sudah bisa memasang terpal, pasang juga pemberat berupa patokan- patokan yang menjaga posisi terpal  supaya tidak mudah bergeser ataupun goyah saat terkena hujan.
  • Hal terakhir yang harus anda perhatikan yaitu sanitasi air, anda harus membuat saluran pintu masuk air pada kolam, hal ini karena ikan nila berbeda dengan jenis ikan lain yang bisa hidup di air kotor. Ikan nila hanya  dapat  hidup di air yang cukup bersih dan bebas limbah, untuk itu buatlah pintu air yang mempermudah anda dalam proses penggantian air kolam nantinya. Dan kolam siap untuk di isi dengan air bersih.

Bibit Ikan Nila

Langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan nila di kolam terpal yaitu menyiapkan bibit ikan nila. Dalam mendapatkannya hampir sama dengan Cara Budidaya Ikan Guppy  terdapat  dua cara, cara yang pertama yaitu dengan memperolehnya secara langsung dari indukan ikan nila, untuk itu anda harus melakukan pemijahan terlebih dahulu.

Untuk cara yang ke dua lebih sederhana dan juga praktis, yaitu dengan membelinya di peternak secara langsung ataupun membelinya di pasar dan koperasi perikanan. Adapun ciri bibit ikan nila yang layak budidaya dan berkualitas adalah sebagai berikut  :

  • Pertama perhatikan ukuran dari bibit yang anda beli, bibit yang layak budidaya adalah bibit yang memiliki ukuran kurang lebih 12 cm dengan warna belang yang jelas.
  • Bibit yang baik adalah bibit yang lincah dan tidak cacat mulai dari ujung kepala hingga ekor.
  • Pastikan bahwa warna bibit sama dan masing- masing mempunyai berat kurang lebih 30 gr.

Sumber: https://rumahbudidaya.co.id/