Cara Merawat Kucing yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Rate this post

Cara Merawat Kucing yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Cara Merawat Kucing yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Apakah anda baru saja menambahkan kucing sebagai keluarga anda? Selamat!  saya tau kalau anda pasti senang memiliki kucing baru dirumah anda. Jika Anda memertimbangkan untuk mengadopsi kucing, Anda harus tetap komitmen untuk mengurusnya ya. tapi anda belum tau Cara Merawat Kucing yang baik dan benar? Tenang saja Saya akan membagikan beberapa Tips berguna Cara merawat Kucing dengan baik untuk anda yang barusaja memiliki kucing.

1. Makanan

Alangkah baiknya datangi langsung dokter hewan, biasanya mereka dapat menilai kucing baru yang anda miliki untuk menentukan jenis makanan, berapa banyak kucing harus makan, diet terbaik, faktor-faktor usia, tingkat aktivitas dan kesehatan lainnya bagi si kucing
Kucing memerlukan Taurin, asam amino esensial, untuk kesehatan jantung dan mata. Makanan yang Anda pilih harus seimbang untuk tahap kehidupan kucing. Makanan yang benar dan seimbang akan berisi Taurin.
Anda harus memberi air bersih dan segar sepanjang waktu, jadi jangan lupa untuk mencuci dan mengisi mangkuk air kucing anda setiap hari.
Jangan berlebihan dalam memberi makan kucing ya. karna kucing juga gamau gendut jadi harus mengatur makanannya, tidak lebih dari 5-10% dari diet.
Terkadang oranglain suka memberi makanan bayi untuk kucingnya. tapi baca dulu labelnya dengan hati-hati. jika makanan bayinya mengandung bawang atau bawang putih, kucing anda akan keracunan. emangsih mudah didapat, tapi mending cari makanan yang khusus kucing aja yaa.

2. Perawatan

Kebanyakan Kucing itu tetap bersih jadi tidak perlu sering mandi. tetapi anda harus tetap menyisir kucing anda secara teratur. karena itu akan membantu kucing anda tetap bersih. Meskipun kucing bisa membersihkan dirinya, anda harus tetap memandikannya juga ya. Kalau anda belum bisa memandikan kucing, sebaiknya bawa kucing anda ketempat pemandian hewan.
“nanti saya akan membuat artikel cara memandikan kucing sendiri”

3. Tempat Tidur

Kucing peliharaan anda harus memiliki Tempat yang bersih, kering tidak lembab, memiliki tempat tidur dan istirahat. jadi anda bisa menambahkan selimut kecil yang lembut dan hangat atau biasanya di toko perlengkapan hewan ada khusus. Pastikan untuk selalu mencucinya ya agar tetap bersih. sebaiknya simpan kucing anda didalam rumah saja. karena kucing yang disimpan diluar rumah sangat beresiko dari kendaraan, perkelahian, anjing liar, dan kucing yang disimpan diluar biasanya cenderung terkena dengan kutu dan penyakit

4. Identifikasi

Jika dalam beberapa alasan anda terpaksa menyimpan kucing anda di luar rumah dan sudah mengerti dengan resikonya, ada baiknya anda mengenakan tanda pengenal sebagai identitas kucing anda. Ya mungkin anda sudah taulah bagaimana pentingnya identitas hahaha.

5. Tempat Pee

Semua Kucing Indoor pastinya memerlukan tempat Pee, yang harus ditempatkan dilokasi yang tenang dan dapat di akses (biar konsen ya). jika kamu punya rumah yang bertingkat, dianjurkan untuk menyimpan satu tempat pee per lantainya. jangan sering memindah-mindahkan tempat pee-nya ya. tapi kalau memang terpaksa harus dipindahkan sebaiknya pindahkan secara bertahap, misalnya 30cm per hari sampai ke tempat yang baru, jadi kucingnya ga kebingungan nyari toiletnya tuh. Perlu diingat kucing juga tidak mau menggunakan tempat pee yang berantakan, bau, dan sudah penuh, jadi harus sering di bersihkan setiap hari. buang semua kotorannya, cuci dengan detergen ringan dan isi ulang pasirnya seminggu sekali. jangan gunakan amonia, atau aroma wewangian, terutama jeruk nipis ketika membersihkan. terkadang kucing rumahan tidak mau menggunakan tempat pee atau litterbox yang sudah kita sediakan, jadi sebaiknya anda konsultasi ke dokter hewan. Terkadang penolakan ini dikarnakan kondisi medis si kucing.

6. Menggaruk

Kucing punya kebiasaan menggaruk kukunya pada kayu dsb. itu akan menyebabkan lapisan kuku yang sudah tua mengelupas dan menjadi tajam kembali. karna kuku yang tajam cukup berbahaya bagi dirinya sendiri, manusia bahkan temannya jika jika ada 2 kucing dirumah anda. sebaiknya anda memotong kukunya 2-3 minggu sekali agar tetap tumpul. Jadi kucing anda tidak akan membahayakan siapapun, dan perabotan dirumah anda juga tidak akan rusak karena dipake buat ngasah kukunya. tapi jika anda punya beberapa alasan untuk  tidak memotong kukunya, ditoko peralatan hewan juga ada silikon buat kuku kucing dan anjing, jadi anda tidak perlu khawatir jika anda tidak ingin memotong kuku kucing tapi ingin tetap aman.

7. Kesehatan

Kucing anda harus dibawa kedokter hewan setidaknya sekali setahun untuk pemeriksaan kesehatannya, dan jika kucing anda memberikan tanda-tanda yang mencurigakan seperti lemas, dsb. bawa langsung kucing anda ke Dokter Hewan.
Jangan pernah memberikan kucing anda obat tanpa saran dan resep dokter hewan. Jika Anda menduga Kucing Anda telah menelan zat beracun, hubungi dokter hewan Anda.
Jangan lupa ke dokternya minta Vaksin untuk si Kucingnya.

8. Perjodohan

jangan anda saja yang harus punya jodoh, kucing juga harus dijodohkan, meskipun anda sendiri belum punya jodoh hahaha.. ups. Anda harus mencari teman atau sodara yang punya kucing yang siap untuk dijodohkan dengan kucing Anda (lihat dulu jenis kelaminnya ya jangan asal jodohkan saja). Akan lebih mudah lagi jika anda masuk beberapa komunitas hewan peliharaan khususnya kucing, selain anda dapat jodoh untuk sikucing, anda juga dapat info, tips, ilmu-ilmu berharga dari pengalaman anggota komunitas lainnya. Jadi gaada salahnya kalau kamu ikut gabung komunitas

9. Pasokan dan alat untuk kebutuhan Kucing

– Makanan Kucing merek premium
– Hidangan makanan
– Mangkuk air
– Mainan interaktif
– Sikat
– Sisir
– Keselamatan kucing kerah dengan ID
– Tempat Menggaruk
– Kotak Pee/ litterbox
– Tempat Untuk membawa kucing jika ingin dibawa keluar
– Tempat Tidur kucing atau kotak dengan selimut yang hangat atau handuk