Hasanah Banking Partner

Table of Contents

Hasanah Banking Partner

Hasanah Banking Partner

BNI Syariah saat ini memiliki tagline untuk menjadi bank syariah yang modern,  dinamis, dan universal yang senantiasa berusaha menjadi mitra Hasanah (Hasanah Banking Partner) bagi masyarakat. Modern dapat didefinisikan sebagai bank syariah yang selalu up to datemelek teknologi, dan tidak tertinggal dengan perbankan lainnya, sedangkan dinamis menandakan bahwa BNI Syariah selalu bergerak mengikuti tren perkembangan zaman untuk memenuhi kebutuhan fasilitas perbankan masyarakat. Universal, artinya produk-produk BNI Syariah dapat digunakan untuk seluruh kalangan, baik muslim maupun non-muslim, dengan didukung oleh pelayanan yang memuaskan (service excellence).

Pertanyaan berikutnya, bagaimana caranya BNI Syariah menjadiHasanah Banking Partner yang unggul dan terpercaya di masyarakat? Sementara, masyarakat Indonesia semakin pandai dan sudah mulai bergerak ke era digital. Dan, masyarakat modern saat ini sedang mencari lembaga perbankan yang tidak sekedar membantu transaksi keuangan dan memenuhi kebutuhan pembiayaan mereka, tetapi lebih kepada lembaga perbankan yang mampu memberikan solusi inovatif terhadap perencanaan keuangan, hemat waktu, dan tenaga.

Hasanah Lifestyle

Untuk mewujudkan Hasanah Banking Partner, maka setiap masyarakat terlebih dahulu harus memiliki jiwa yang berorientasi kepada kebaikan di setiap langkah, tindakan, dan perbuatannya (Hasanah Lifestyle). Salah satunya, dengan cara melakukan kebiasaan baik secara terus menerus dalam merencanakan finansial dan investasi masa depan untuk diri sendiri dan keluarga baik di dunia maupun akhirat, sebagaimana tercantum di dalam QS. Al Baqarah : 201, “Dan diantara mereka ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka”.

Bagaimana cara untuk mencapai Hasanah Lifestyle? Dari sektor IT, BNI Syariah sudah meluncurkan aplikasi berbasis Android yang bermanfaat, meliputi

  1. Hasanah Digital Lifestyle, aplikasi yang menampilkan kebutuhan muslim sehari-hari, doa-doa harian, jadwal sholat, arah kiblat, hinggaevent-event BNI Syariah dan keunggulan produk-produk BNI Syariah.
  2. Hasanah Personal, aplikasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengenal produk BNI Syariah secara lebih mendetail, meliputi Paket Umroh, pembiayaan Griya iB Hasanah, dsb.
  3. Wakaf Hasanah, aplikasi yang digunakan untuk memudahkan masyarakat untuk berwakaf, dimana saat ini BNI Syariah sudah bekerjasama dengan 6 lembaga wakaf Indonesia.

 

Berdasarkan atas jumlah download untuk masing-masing aplikasi, maka Wakaf Hasanah dan Hasanah Personal mendapatkan 1,000 download, dan Hasanah Digital Lifestyle mendapatkan 500 download, sementara seluruh karyawan BNI Syariah (tidak termasuk masyarakat umum) sekitar 4,000 karyawan. Hal ini mengindikasikan bahwa maksimal hanya sekitar 25% karyawan yang memiliki antusiasme dan niat yang kuat untuk menerapkan Hasanah Lifestyle.

Selain aplikasi, media sosial BNI Syariah (meliputi facebook, twitter, instagram) belum sepenuhnya mampu menggerakkan hati masyarakat untuk memilih perbankan syariah. Per tanggal 13 November 2017, jumlah masyarakat yang mengikuti media sosial BNI Syariah hanya 0-1% dari seluruh pengguna di Indonesia (presentase terlampir).

No.Media SosialJumlah PenggunaFollower

BNI Syariah

% follower dari pengguna
1.Facebook111,000,000 (Okt-16)45,7780.04%
2.Twitter24,700,000 (Mei-16)247,0001.00%
3.Instagram45,000,000 (Jul-17)7,7100.02%

Sumber: Hasil Olah Data Penulis, 2017 

Solusi yang bisa diambil adalah (1) meneruskan promosi danbranding secara kontinyu, baik di media sosial maupun media elektronik skala nasional. Selain itu, setiap karyawan dihimbau untuk mendownload aplikasi tersebut, follow, dan men-share-nya di media sosial masing-masing, (2) mengadakan promo untuk nasabah di setiap kantor cabang, misalnya mendapatkan bolpoin gratis apabila melakukan download dan mengajak minimal 5 orang teman untuk menggunakan aplikasi yang sama, dsb.

Baca Juga :