Kuota Jalur Zonasi Naik

Kuota Jalur Zonasi Naik

Kuota Jalur Zonasi Naik

Kuota jalur zonasi Penerimaan peserta Didik Baru

(PPDB) 2019 di Kota Bekasi naik 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah.

Pada 2018, kuota untuk jalur zonasi adalah 45 persen, sedangkan tahun ini 93 persen. Sementara sisanya untuk jalur prestasi 4 persen dan hafiz Quran 3 persen.

“Kami telah memprediksi jumlah yang akan mengikuti PPDB tahun 2019 sebanyak 46.238 siswa. Hal itu mengacu angka lulusan dari jumlah seluruh sekolah di Kota Bekasi. Sementara itu, daya tampung untuk SMP Negeri sebanyak 38 persen, SMP swasta sebesar 49 persen, dan Madrasah Tsanawiyah sebesar 14 persen,” kata Inay baru-baru ini.

Kata dia, tahun ini terdapat pola yang berbeda dalam sistem

penerimaan siswa jalur zonasi. Tahun lalu, penerimaan jalur zonasi mengacu wilayah administrasi calon siswa, yakni domisili berdasarkan kecamatan, kelurahan, RT maupun RW.

Pada tahun 2019, sistem tersebut diubah yakni koordinat sekolah dilihat melalui foto udara untuk menentukan jarak zonasi.

“Untuk zonasi secara keseluruhan berdasarkan jarak foto udara

yang dilihat dari titik koordinatnya. Ini kita sepakati agar tingkat validitasnya lebih tepat. Dengan begitu, skor dan nilai kelulusan tidak berlaku lagi untuk jalur zonasi,” tutupnya.

 

Baca Juga :