Kuota Siswa Miskin Penuh, Sekolah Harus Cari Beasiswa

Kuota Siswa Miskin Penuh, Sekolah Harus Cari Beasiswa

Kuota Siswa Miskin Penuh, Sekolah Harus Cari Beasiswa

Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal (Dikmenof) Kabupaten Bantul

menyebut, kuota siswa miskin dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA telah terpenuhi. Secara keseluruhan kuota siswa miskin dalam PPDB SMA adalah 10 persen dari total daya tampung 4.659 siswa. Siswa dari keluarga tidak mampu yang mendaftar sekitar 500 orang.

“Sampai akhir pekan lalu, dari kuota, siswa miskin yang ditetapkan sudah 100 persen terpenuhi, bahkan di sejumlah sekolah tertentu dinyatakan kelebihan,” kata Kepala Dinas Dikmenof Bantul, Masharun Ghozalie.

Masharun menyarankan kepada sekolah, terkait siswa miskin yang melebihi

kuota agar tidak dikategorikan dari keluarga miskin. Namun, sekolah juga diharap bisa membantu biaya pendidikan siswa tersebut.

“Kami meminta pihak sekolah untuk bisa mencari dana terkait dengan beasiswa bagi siswa miskin itu karena dari pemerintah hanya menyiapkan 10 persen,” tuturnya.

Sementara itu, data di Dikmenof Bantul menunjukkan, terdapat empat sekolah yang siswa miskinnya melebihi kuota yang ada, yaitu SMA Negeri 1 Bantul, SMA Negeri 2 Bantul, SMA Negeri 1 Pajangan, dan SMA Negeri 1 Jetis.

“Siswa miskin mendaftarkan ke sekolah yang dipertimbangkan bukan sekolah favorit,

melainkan akses kedekatan dengan tempat tinggal. PPDB siswa miskin berbanding terbalik dengan PPDB reguler,” tandas Masrahun.

 

Baca Juga :