Mengapa desainer harus berhenti terobsesi pada tren dan bertujuan untuk ‘desain abadi’

Mengapa desainer harus berhenti terobsesi pada tren dan bertujuan untuk ‘desain abadi’

 

Mengapa desainer harus berhenti terobsesi pada tren dan bertujuan untuk 'desain abadi'

Mengapa desainer harus berhenti terobsesi pada tren dan bertujuan untuk ‘desain abadi’

Tahukah Anda bahwa kami memiliki konferensi online tentang desain produk yang akan datang? SPRINT akan membahas bagaimana perancang dan pemilik produk dapat tetap terdepan dalam kurva di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Industri desain digital semakin matang. Dengan praktik terbaik yang telah mapan dan kemajuan sistem desain, sekarang dimungkinkan untuk mengusahakan kehidupan desain yang lebih lama untuk produk yang kami buat. Kita dapat membidik digital klasik alih-alih keajaiban satu pukulan.
Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan lokakarya online & diskusi real-time tentang navigasi tahun depan
DAFTAR SEKARANG
Desain industri adalah anak poster umur panjang. Pesona abadi skuter Vespa . Kontur ikon botol Coca-Cola . Sudut elegan kursi santai Eames . Apakah akan ada desain digital yang setara dengan keajaiban dunia desain industri? Bisakah antarmuka pengguna bertahan selama beberapa dekade seperti kamera Leica ?
Sepertinya, jawabannya. Objek fisik, setelah dibangun, tidak perlu memperbarui nama domain atau mengikuti standar web agar tetap ada. Desain abadi harus dibangun di atas dasar abadi, tetapi digital selalu bergeser.
Namun, umur simpan desain digital dapat diperpanjang. Bahkan saat teknologi yang mendasarinya terus berkembang.
Desain abadi
Bagaimana jika desain digital dapat menciptakan jenis keajaiban pembentuk budaya yang telah lama diproduksi oleh para desainer industri?
Bertujuan untuk desain abadi
Tidak mengherankan bahwa sistem desain meledak dalam popularitas. Sistem desain yang dibuat dengan cermat memberi bahkan seperangkat prinsip abadi yang jelas kepada produk yang paling cepat berkembang. Komponen UI dapat berubah seiring waktu, tetapi nuansa produk tetap konsisten selama bertahun-tahun, bahkan saat produk matang. Fleksibilitas dan umur panjang. Itu win-win.
Baca: [ Solusi, bukan seni: Nilai bisnis sesungguhnya dari desain ]
Calon untuk desain hall of fame digital
Umur panjang dalam desain digital bukanlah mimpi pipa. Ini adalah realitas kita saat ini, dan seperti yang orang lain tunjukkan, antarmuka mungkin dapat menua seperti anggur berkualitas.
Google’s Material Design (2014)
Munculnya Desain Material menandai titik balik dalam desain digital. Untuk pertama kalinya, pemain utama seperti Google menciptakan bahasa desain dari awal. Tidak hanya itu, itu memberdayakan desainer dengan memberikan panduan dan alat untuk mengimplementasikan bahasa dalam pekerjaan mereka sendiri.
UI yang bagus
Komponen Material Design merujuk pada kehalusan dunia fisik.
Terinspirasi oleh kertas, Desain Bahan merevolusi cara kita berpikir tentang desain untuk dunia digital. Dengan meminjam karakteristik dunia fisik, seperti bayangan dan prinsip-prinsip animasi kuno , Material Design dibangun berdasarkan isyarat visual yang akrab tanpa memunculkan penggemar GPU. Kami tidak lagi mereplikasi tekstur kulit atau pantulan hiper-realistis yang menyebabkan tab browser terhenti.
Takeaway: Dunia fisik dapat mempengaruhi desain digital, tetapi perlu beradaptasi dengan karakteristik teknologi yang mendasarinya.
GOV.UK (2013)
Menampilkan sistem desain komprehensifnya sendiri , GOV.UK adalah salah satu situs web pemerintah yang berpusat pada pengguna pertama, dan menempatkan aksesibilitas dan desain informasi di peta.
Desain umur panjang
GOV.UK adalah salah satu situs web pemerintah pertama yang berfokus pada kegunaan.
Bland, beberapa mungkin mengatakan, tetapi tim desain tidak pernah bertujuan untuk estetika. Alih-alih, fokusnya adalah desain informasi : Memberi pengguna informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu minimal. Tanpa embel-embel, tidak perlu repot. Kesederhanaan radikal seperti itu membuat GOV.UK klasik instan.
Takeaway: Antarmuka pengguna tidak harus cantik untuk menjadi sukses.
iOS 7 (2013)
IOS asli dari tahun 2007 layak masuknya sendiri, tetapi tidak sampai iOS 7 Apple mengucapkan selamat tinggal pada skeuomorphism dan merangkul desain datar. Perpisahan, butiran kayu. Halo, kesederhanaan yang menakjubkan. iOS tumbuh.
UI yang efektif
Skeuomorfisme iOS 6 versus desain datar iOS 7.
Agar adil, Android memimpin dengan penerapan desain datar dan bisa dibilang menampilkan animasi yang lebih baik. Namun, Apple menyusul dan menciptakan estetika desain digital yang kemudian diperluas ke sistem operasi Mac dan iPad.
Apple tidak sepenuhnya meninggalkan efek skeuomorfik di iOS 7. Aplikasi Notes masih menampilkan tekstur kertas yang halus, dan aplikasi cuaca memperbarui latar belakang untuk mencerminkan kondisi siang dan cuaca. Namun, antarmuka 2D tidak lagi dipaksa menjadi sesuatu yang bukan.
Takeaway: Desain datar adalah raja untuk antarmuka pengguna 2D.
Trello (2011)
Tidak termasuk peningkatan kegunaan, Swiss Army Knife aplikasi digital hampir tidak berubah dalam hampir satu dekade. Sementara produk yang bersaing muncul menjanjikan “semua fitur,” Trello berdiri tegak dan tetap populer karena kesederhanaannya.
Tren desain saat ini
Trello melawan tren isian fitur diikuti oleh begitu banyak produk digital saat ini.
Alih-alih kelebihan fitur, Trello menawarkan ekosistem plugin yang dapat memenuhi kebutuhan niche beberapa pengguna tanpa memadati UI untuk mayoritas. Trello adalah anak poster dari aturan 80/20 dalam desain (alias “Prinsip Pareto”).
Takeaway: Iterate hati-hati dan menerapkan aturan 80/20.
Google Chrome (2008)
Jika tagline Volkswagen adalah “Das Auto,” maka Chrome haruslah “The Web Browser.” Google mengambil peramban web biasa, menghapus semua yang tidak penting, membuatnya sangat berkinerja, dan mengambil alih pasar.
Desain untuk umur panjang
Chrome menghapus semua fitur yang tidak penting demi kinerja tinggi.
Kontribusi utama Google di sini adalah membuat kinerja harus dimiliki untuk semua produk digital di masa depan. Pemahaman tentang batasan perangkat keras dan browser, dan berjuang untuk 60fps yang halus seperti sutra , adalah apa yang membuat desain digital secara fundamental berbeda dari desain cetak atau industri. Keberhasilan Chrome adalah bukti pentingnya kinerja untuk pengalaman pengguna yang hebat.
Takeaway: Kesederhanaan dan kinerja sendiri bisa menang dalam jangka panjang.
Basecamp (2003)
Basecamp membuat namanya dengan menentang dogma pendanaan ventura Lembah Silikon, pertumbuhan eksponensial, dan keluar awal. Dedikasi mereka terhadap produk jangka panjang yang berkelanjutan tercermin dalam desain Basecamp 3.
Desainer  dapat membantu menciptakan produk yang tahan uji waktu, tetapi mereka tidak berdaya jika CEO tidak menghargai produk yang dirancang untuk menua dengan anggun. Di antara pembuat produk digital saat ini, sangat jarang menemukan perusahaan yang melakukan pengambilan keputusan dengan hati-hati atau menolak untuk mengejar setiap tren baru. Basecamp adalah pengecualian.
Takeaway: Bisnis yang berkelanjutan menghasilkan produk yang berkelanjutan.
Tren desain
Umur desain Basecamp berakar pada dedikasi perusahaan untuk pengambilan keputusan yang cermat.
Google (1998)
Melihat kembali pada pengulangan pertama dari beranda Google, butuh kira-kira satu tahun untuk membuat tata letak ikon yang sekarang dikenal secara global dan dapat digunakan tanpa gagal.
Beranda Google adalah produk digital yang langka di mana seseorang dari akhir abad ke-20 dapat diteleportasi hingga hari ini, berinteraksi dengan UI, dan bahkan tidak memperhatikan apa yang telah berubah.
Takeaway: Produk hebat dapat berkembang, bukan menciptakan kembali, dan tetap mempertahankan posisi pemimpin pasar mereka.
Tren desain digital
Halaman muka Google sangat mirip dengan iterasi yang paling awal.
2001: A Space Odyssey (1968)
Karya Stanley Kubrick adalah film Hollywood dan visi futuristik yang setara. Prediksi masa depan biasanya condong oleh masa sekarang, menghasilkan ide-ide klise yang tampak lucu di belakang. Sungguh luar biasa bagaimana konsep di luar kotak pada tahun 2001: A Space Odyssey , seperti prediksi tampilan layar sentuh, tablet mirip iPad, dan antarmuka yang dikendalikan suara.
Gaya desain grafis
2001: A Space Odyssey dirilis satu tahun sebelum Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan.
Yang mengherankan, desain UI masih terlihat relevan meskipun itu akan menjadi lima tahun lagi sebelum Xerox PARC akan mulai bereksperimen dengan iterasi pertama dari antarmuka pengguna grafis, tes yang nantinya akan membentuk dasar sistem operasi Microsoft dan Apple.
Tren grafik
Setelah 50 tahun dan terus bertambah, UI Stanley Kubrick telah teruji oleh waktu.
Antarmuka konsep film menampilkan sesuatu yang mirip dengan estetika desain datar. Butuh empat dekade lagi sampai Apple membuang skeuomorfisme dan mengikutinya. Baik kejelian yang disengaja atau keterbatasan kemampuan grafis pada saat itu, sekilas antarmuka berdering otentik hingga hari ini.
Takeaway: Stanley Kubrick adalah seorang jenius.
Prinsip untuk desain digital abadi
Tidak ada prinsip formal yang ada untuk menciptakan antarmuka digital “abadi”, tidak mengherankan dalam industri yang menjalankan moto “bergerak cepat dan hancurkan banyak hal.” Tetapi jika ada prinsip-prinsip panduan, prinsip-prinsip itu harus universal, adaptif teknologi, sederhana, dan pragmatis.
Keuniversalan
Salah satu cara untuk mendorong kelangsungan hidup jangka panjang dari produk digital adalah membuatnya dapat digunakan oleh khalayak seluas mungkin. Ini berarti mendesain untuk aksesibilitas, kinerja, dan inklusivitas . Ketika produk menjadi lebih banyak diadopsi, pengalaman multibahasa harus ditawarkan.
Adaptasi teknologi
Alih-alih memaksakan visi kreatif pada teknologi yang mendasari, desain tech-adaptif bekerja sama dengan teknologi yang mendasarinya. Dalam desain web, ini berarti animasi yang berkelanjutan yang menurunkan frame rate menjadi 10fps atau tidak menciptakan kembali permukaan fisik dalam HTML, CSS, dan JS.
Bukan omong kosong sederhana
Ini bukan untuk mengatakan bahwa umur panjang membutuhkan produk untuk dikecilkan atau dibatasi pada sejumlah fitur tertentu. Namun, itu berarti bahwa fitur dipilih dengan sengaja dan dengan pengalaman holistik dalam pikiran. Terapkan aturan 80/20 dan sesat di sisi kesederhanaan saat ragu.
Pragmatis

Desain digital memiliki banyak kesamaan dengan tanaman dalam hal umur panjang. Seperti tanaman, mereka perlu

terus disiram agar dapat bertahan hidup. Jika Google bangkrut dan tutup, produk-produknya akan tutup dengannya. Tidak berlaku untuk produk fisik. Mobil yang dibuat oleh perusahaan yang tidak lagi ada di negara yang tidak ada lagi masih bisa digunakan jika dirawat dengan baik. Desainer industri dapat yakin bahwa pekerjaan mereka akan hidup lebih lama dari mereka. Tidak demikian bagi perancang digital.
Selain itu, banyak startup yang dalam mode bertahan hidup. Mereka tidak memiliki sumber daya untuk mengeksplorasi cara menambahkan tahun kehidupan ekstra ke antarmuka mereka. Lebih sering daripada tidak, desainer digital akan melihat pekerjaan mereka binasa sebelum mereka melihatnya tua.
Dalam keadaan seperti itu, umur panjang bukanlah prioritas pertama, kedua, atau bahkan kelima dari desain produk digital. Produk harus melewati beberapa tahun pertama keberadaannya sebelum mereka khawatir tentang penuaan yang baik.

Tetapi keputusan kecil dapat mengatur produk di jalur yang benar. Ketika ada cukup waktu, buat sistem desain yang

konsisten. Ketika waktu singkat, perluas atau sesuaikan sistem yang ada. Ikuti praktik terbaik. Menerapkan prinsip 80/20. Ini adalah cara-cara kecil di mana desain digital dapat didorong ke arah umur panjang, bahkan dalam lingkungan tekanan tinggi yang serba cepat.
Desain untuk umur panjang
Desainer digital akan bijaksana untuk mengenali nilai dari menciptakan karya yang mempertahankan relevansi untuk tahun-tahun mendatang. Mungkin alih-alih terobsesi dengan tren terbaru, industri seharusnya memuji pekerjaan yang telah teruji oleh waktu.

Antarmuka pengguna mungkin tidak pernah memiliki pesona nostalgia skuter Vespa tua yang kasar, tetapi produk

digital masih dapat meningkatkan taraf hidup. Semakin lama mereka melakukannya, semakin besar kemungkinan mereka untuk meninggalkan warisan yang berlangsung selama beberapa dekade mendatang.
The Toptal Desain Blog adalah hub untuk studi desain canggih oleh desainer profesional dalam jaringan Toptal pada semua aspek desain digital, mulai dari tutorial desain rinci untuk cakupan mendalam dari tren baru desain, alat, dan teknik. Anda dapat membaca karya asli yang ditulis oleh Damir Kotorić di sini . Ikuti Blog Desain Toptal di Twitter , Dribbble , Behance , LinkedIn , Facebook , dan Instagram .