Minuman Panas Sebabkan Kanker

Minuman Panas Sebabkan Kanker

Minuman Panas Sebabkan Kanker

MENENGGAK kopi atau teh selagi masih panas

memang mengasyikkan. Namun, berhati-hatilah karena minuman yang terlalu panas justru bisa berdampak pada berkembangnya kanker. Demikian kesimpulan penelitian terbaru dari International Agency for Research on Cancer (IARC). Menurut studi lembaga yang bernaung di bawah World Health Organization (WHO) itu, minuman yang sangat panas dikategorikan sebagai cairan yang ‘mungkin berdampak karsinogenik terhadap manusia’.

Artinya, minuman panas dapat memicu kanker. Dalam studi

yang dipublikasikan di jurnal Lancet Oncology pekan lalu itu, peneliti menyatakan minuman bersuhu 65 derajat celsius (149 fahrenheit) atau lebih mampu mendorong perkembangan kanker esofagus (kerongkongan).

Pasalnya, esofagus akan terbakar dan sel-selnya rusak jika dialiri cairan yang sangat panas. Luka akibat panas itulah yang bisa memicu kanker. Menurut ahli nutrisi di University of Texas, Adriana Salmon, proses pembakaran itu mirip dengan minuman alkohol.

Seperti diketahui, konsumsi alkohol juga erat dengan peningkatan risiko

kanker karena efek panasnya mampu membakar kerongkongan. Cara yang aman untuk menikmati kopi atau teh panas ialah menunggunya hingga menjadi hangat atau memilih varian es.

 

sumber :

https://ppidkabbekasi.id/edjing-pro-apk/