Penjelasan dari 7 Prinsip Demokrasi Pancasila

Penjelasan dari 7 Prinsip Demokrasi Pancasila

Prinsip Demokrasi Pancasila

Prinsip Demokrasi Pancasila

Setelah pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian demokrasi pancasila, yaitu demokrasi yang implementasinya memprioritaskan prinsip mufakat konsensus demi kebaikan bersama, pada kesempatan kali ini akan saya hadirkan penjelasan mengenai prinsip-prinsip demokrasi Pancasila. Terdapat 7 prinsip demokrasi Pancasila, dan ke-7 prinsip tersebut akan dijelaskan seperti yang tertera di bawah ini.

1. Kesetaraan untuk seluruh rakyat Indonesia

Kesetaraan untuk semua orang Indonesia berarti bahwa hak dan kewajiban rakyat Indonesia sama dan setara. Hak dan kewajiban yang setara tidak hanya di bidang politik saja tapi bidang hukum, ekonomi dan sosial. Dengan demikian Demokrasi Pancasila tidak hanya mencakup Demokrasi Politik, tapi Demokrasi Sosial dan Demokrasi Ekonomi juga. Persamaan ini diharapkan bisa memberikan keadilan bagi masyarakat Indonesia.

2. Menegakkan Tujuan dan Cita-cita Nasional

Tujuan dan cita-cita nasional Negara Indonesia ditetapkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia yaitu “menyatakan kemerdekaannya dan kemudian membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”. Dari cita-cita dan cita-cita Negara Indonesia terlihat tidak hanya Indonesia yang menciptakan kebaikan bagi masyarakat Indonesia tapi juga ingin mewujudkan kedamaian dan ketertiban dunia.

3. Prioritaskan Kesatuan Nasional dan Kekerabatan

Prinsip persatuan nasional terinspirasi oleh asas ketiga Pancasila. Rasa kekeluargaan di dalam Negara Republik Indonesia, meningkatkan persatuan nasional di setiap masyarakat. Kesatuan nasional juga sangat penting dalam pertahanan negara sehingga negara bisa kuat bila ada gangguan baik dari dalam maupun dari luar.

4. Penerapan kebebasan yang Secara Moral Bertanggung Jawab

Demokrasi Pancasila memberikan kebebasan kepada setiap individu namun dengan batas tanggung jawab. Yang dimaksud dengan kebebasan ini adalah kebebasan yang harus memperhatikan hak dan kewajiban orang lain dan diri sendiri dan juga harus dapat dipertanggungjawabkan dengan Tuhan Yang Maha Esa.

5. Pengambilan Keputusan dengan Musyawaran Mufakat

Dasar kerjasama dan kebersamaan adalah dasar pengambilan keputusan dengan musyawarah. Dalam membuat keputusan dengan melalui musyawaran mufakat akan tercipta rasa keadilan bagi semua orang. Dimana tidak hanya menekankan mayoritas mayoritas, tapi juga bisa memperhatikan minoritas.

6. Keseimbangan Antara Hak dan Kewajiban

Prinsip keseimbangan antara hak dan kewajiban menyiratkan bahwa warga negara menerima hak mereka namun juga harus diimbangi dengan kewajibannya.

7. Mewujudkan Rasa Keadilan Sosial

Demokrasi memiliki tujuan dalam mewujudkan rasa keadilan sosial bagi seluruh warganya. Keadilan sosial mencakup sila dalam Pancasila khususnya ajaran kelima. Oleh karena itu prinsip demokrasi Pancasila ingin mewujudkan rasa keadilan sosial di setiap masyarakat.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/