TENTANG ILMU SOSIAL DASAR

Table of Contents

TENTANG ILMU SOSIAL DASAR

TENTANG ILMU SOSIAL DASAR

I.Sekilas tentang ilmu sosial dasar.
Pengembangannyaa bermula dari ilmu filsafat,dari ilmu filsafat kemudian lahir 3 cabang ilmu pengetahuan yaitu :
1. Natural sciences(ilmu-ilmu Alamiah),meliputi:fisika,kimia,astronomi,biologi,botani dan lain-lain
2. Social sciences(ilmu-ilmu sosial ),terdiri dari:sosiologi,ekonomi,politik,antropologi,sejarah,psikologi,dll
3. Humanitas(ilmu-ilmu budaya) meliputi:bahasa,agama,kesusesatraan,kesenian,dll

Basic sosial sciences atau Ilmu-Ilmu Dasar (ISD) adalah gabungan dari bermacam-macam disiplin ilmu sosial yang di pergunakan dalam pendekatan,sekaligus sebagai sarana mencari jalan keluar dalam pemecahan masalah yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.Dengan begitu antara ilmu-ilmu sosial dengan ilmu-ilmu sosial dasar(ISD) tidak terdapat perbedaan yang prinsipil.kalau pada tingkat sekolah dasar dan menengah;ISD diprogramsebagai mata kuliah dasar umum(MKDU) di perguruan tinggi.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar yaitu membantu pengembangan wawasan dan pemikiran yang lebih luas dan cirri-ciri kepribadian yang di harapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia.
B. KEBUDAYAAN DAN KEPRIBADIAN
Berbagai penelitian antropologi bahwa terdapat korehlasi di antara corak-corak kepribadian anggota masyarakat,secara garis besar opini umum juga menyatakan,bahwa kebydayaan suatu bangsa adalah cermin dari kepribadian bangsa yang bersangkutan.
Setiap masyarakat memiliki system nilai dan sistem kaidah sebagai konkreatisasi. Nilai dan kaedah berisikan harapan-harapan masyarakat.perihal perilaku yang pantas suatu kaidah misalnya,kaidah hukum memberikan batas-batas perilaku seseorang. Batas-batas tersebut menjadi suatu aturan permainan.dalam pergaulan hidup.

Sumber : https://solidaritymagazine.org/