Tips Menulis Motivation Letter

Tips Menulis Motivation Letter

Tips Menulis Motivation Letter

Tips Menulis Motivation Letter

Tips menulis motivation letter yang dibahas disini khusus untuk melamar beasiswa. Motivation letter biasa juga disebut cover letter. Inti dari motivation letter adalah “menjual diri” dalam artian positif. Dalam motivation letter kita harus dapat menunjukan ke pihak pemberi beasiswa bahwa kita adalah orang yang tepat untuk menerima beasiswa tersebut. Walaupun “menjual diri” tetapi perlu diiingat bahwa yang diungkapkan dalam motivation letter adalah hal yang sebenarnya tanpa ada unsur memperdayai pemberi beasiswa.

Kiat-kiat menulis motivation letter adalah sebagai berikut:
1. Baca dengan seksama website pemberi beasiswa. Kita harus mempelajari secara detail informasi yang tersedia di website tersebut terutama tentang beasiswa yang sedang kita lamar. Tujuan pemberi beasiswa, target dan persyaratan dan hal-hal lain perlu kita pahami.

2. Pikirkan kembali latar belakang akademis, riset maupun pengalaman profesional kita dan pilih yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

3. Ingatlah bahwa motivation letter berbeda untuk setiap lamaran beasiswa yang kita ajukan menyesuaikan dengan tujuan, target dan persyaratan pemberi beasiswa.

4. Tulis dalam draft kemudian cetak dan baca kembali. Lakukan ini secara berulang-ulang untuk memperbaiki surat tersebut. Penjelasannya harus runtut dan logis. Dengan mengkoreksi berulang kali kualitas sebuah tulisan akan meningkat dan kesalahan yang tidak perlu seperti kesalahan penulisan maupun gramatik akan minimal atau tidak ada sama sekali.

5. Yang paling penting adalah memikirkan apa yang diharapkan dari penerima beasiswa. Dengan informasi yang telah kita dapatkan seperti dijelaskan pada no 1 maka kita harus berusaha menunjukan kualifikasi dan pengalaman kita sesuai dengan yang diharapkan penerima beasiswa. Ada baiknya dengan informasi tersebut kita berpikir seandainya kita sebagai penerima beasiswa apa yang kita harapkan dari para pelamar.

6. Hati-hati dalam menulis karena tulisan mencerminkan siapa sebenarnya dibalik tulisan tersebut. usahakan menulis secara jelas, stuktur yang runtut dan logis.

Motivation letter setidaknya menjelaskan tentang hal sebagai berikut:

Paragrap Pertama
Berisi tentang latar belakang pendidikan kita dan jelaskan kesesuaian latar belakang tersebut dengan beasiswa yang ditawarkan. Pada bagian ini penjelasannya mengenai universitas asal, bidang yang telah diambil.

Paragrap kedua
Paragraf ini yang paling penting. Uraikan tentang tujuan kita dan jelaskan hubungan antara studi yang akan kita ambil dengan tujuan tersebut. Rencana jangka pendek dan jangka panjang kita harus diungkapkan secara jelas disini. Jelaskan bagaimana program yang kita lamar dapat membantu mewujudkan rencana yang telah kita buat. Jelaskan juga bagaimana latar belakang kita (skripsi, tesis, project, penelitian dan berbagai pengalaman lainnya) sesuai dan mendukung program yang akan kita ambil. Jelaskan juga secara khusus mengapa kita memilih universitas tujuan tersebut, fakultas dan minat riset itu.

Paragraf ketiga
Berisi kesimpulan bagaimana kita dapat berkontribusi dalam program tersebut.

Tips menulis motivation letter ini hanyalah pendapat pribadi saya berdasarkan pengalaman. Tentunya banyak sekali kekurangan pada tulisan ini, semoga dapat memberi gambaran tentang motivation letter untuk melamar beasiswa.

Sumber : https://multi-part.co.id/